WELCOME TO MY BLOG

Minggu, 11 Desember 2011

TEGANGAN PERMUKAAN


Tegangan permukaan adalah gaya yang diakibatkan oleh suatu benda yang bekerja pada permukaan zatcair sepanjang permukaan yang menyentuh benda itu. Apabila F = gaya (newton) dan L = panjang (m), maka tegangan-permukaan, 𝛾 dapat ditulis sebagai 𝛾 = F/L.
Karena adanya tegangan permukaan serangga dapat berjalan di atas air, dan benda benda yang mempunyai massa jenis  lebih dari air seperti jarum baja, dapat terapung di permukaan menunjukkan bagaimana tegangan permukaan dari penopang berat w sebuah benda. Sebenarnya benda tersebut terbenam sedikit ke dalam fluida, sehingga w merupakan berat efektifbenda. Berat sebenarnya memperkecil gaya apung. Jika benda berbentuk bola tegangan pemukaan bekerja di semua titik sekitar lingkaran horisontal dengan radius sekitar r. Hanya komponen vertikal, 𝛾 cos Ɵ yang bekerja untuk mengimbangi w.
Kita dapat melihat bagaimana tegangan permukaan muncul dengab meneliti proses dari sudut pandang molekuler. Molekul molekul zat cair memberikan gaya tarik satu sama lain. Molekul yang berada jauh di dalam zat cair dan pada molekul kedua dalam permukaan. Molekul dalam zat cair berada dalam kesetimbangan karena gaya gaya molekul lain yang bekerja ke semua ara. Molekul di permukaan normalnya juga dalam kesetimbangan (zat cair tersebut diam). Hal ini benar walaupun gaya pada melekul di permukaan dapat diberikan hanya oleh molekul-molekul di bawahnya (atau disampingnya). Dengan demikian ada gaya tarik total ke bawah, yang cenderung menekan permukaan sedikit tetapi sampai batas di mana gaya kebawah ini diimbangi oleh gaya (tolak) keatas yang di sebabkan oleh kontak yang dekat atau tumbukan denga molekul molekul dibawahnya. Penekana permukaan ini berarti bahwa, intinya zat cair meminimalkan luas permukaanya. Inilah sebab mengapa air cenderung membentuk tetesan berbentuk bola, karena bola mempresentasikan luas permukaan minimum untuk volume tertentu.

            Untuk lebih memahami Tegangan permukaan zat Dapat diamati pada percobaan dengan menggunakan gelas yang berisi air kemudian Diletakkan jarum diatasnya,maka jarum akan mengapung.Apabila dicampur dengan deterjen,maka jarum akan tenggelam.

Dan juga dapat diamati pada percobaan dengan menyiapkan gabus yang dibentuk menyerupai perahu.Kemudian,apabila diletakkan sabun dilekukan perahu tersebut,maka perahu akan bergerak.

Penerapan tegangan permukaan dalam kehidupan sehari-hari
adalah mencuci dengan air panas jauh lebih bersih dibandingkan dengan air yang bersuhu normal. Selain itu conyah lain adalah antiseptik yang dipakai untuk mengobati luka,selain dapat mengobati luka juga dapat membasahi seluruh luka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar